Contoh MAKALAH Menganalisis & Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan Kantor.
Helloooo Guys...........
Come Back With Me si Goyang Morrena wkwk :)
Pada Blog kali ini saya akan membagikan sebuah contoh MAKALAH dengan judul
"Menganalisis & Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan Kantor."
Come Back With Me si Goyang Morrena wkwk :)
Pada Blog kali ini saya akan membagikan sebuah contoh MAKALAH dengan judul
"Menganalisis & Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan Kantor."
BTW kalian apaa kabar nihhh? Semoga kalian baik baik saja ya. Pada penasaran gak sihhhh?... Penasaran lah yaaa wkwk dari pada banyak basa basi mari dilihat Contoh MAKALAH yang sudah saya buat dengan judul Menganalisis & Menggunakan Informasi
dari Internet untuk menunjang pekerjaan Kantor. Cuss mari dilihatt ...... :)
1. Memberikan Pertanyaan
2. Memberikan Tambahan/Masukan Jika ada yang
Kurang
3. Berkomentar dengan Sopan
Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
2. Webmail.
Pengertian Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut
3. Email forwarding.
MAKALAH
Menganalisis & Menggunakan Informasi
dari Internet untuk menunjang pekerjaan
Kantor.
Disusun Oleh :
1.
Zesykha
Los Morrena
2.
Sebrenica
Bosni Herzegoviani
3.
Elvina
Oktaviani
4.
Siti
Nur Jannah
5.
Fira
Yunita
6.
Putri
Nur Azizah
SMK 01 CORPATARIN UTAMA
JAKARTA TIMUR
KATA
PENGANTAR
Segala puja hanya bagi Allah yang Maha Pengasi lagi Maha Penyayang.
Berkat limpahan karunia nikmatNya saya dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul “ Menganalisis Informasi dari Internet untuk menunjang
pekerjaan Kantor.Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan
kantor.” dengan lancar.
Penyusunan makalah ini dalam rangka memenuhi tugas Mata Pelajaran Teknologi
Perkantoran.
Dalam proses penyusunannya tak lepas
dari bantuan, arahan dan masukan dari berbagai pihak. Untuk itu saya ucapkan
banyak terima kasih atas segala partisipasinya dalam menyelesaikan makalah ini.
Meski demikian, saya menyadari masih
banyak sekali kekurangan dan kekeliruan di dalam penulisan makalah ini, baik
dari segi tanda baca, tata bahasa maupun isi. Sehingga saya secara terbuka menerima segala kritik dan
saran positif dari pembaca.
Demikian apa yang dapat saya sampaikan.
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
…….................................................…........ii
DAFTAR ISI ……………………………………………….…….iii
BAB 1 PENDAHULUAN…………………………………….......1
1.1
Latar Belakang……………………………………1
1.2
Rumusan Masalah………………………………...1
1.3
Tujuan Penelitian………………………………….1
BAB 2 PEMBAHASAN……………………………………...….. 2
2.1 Pengertian Data
dan Informasi…………………….......2
2.2 Pengenalan Dasar
Internet………………………...…...3
2.3 Etika dan Tata Krama
Netizen………………...…….....7
2.4 Cara
berkomentar dengan baik dalam medsos ………...9
2.5 Pengiriman
& Penyimpanan dokumen Online………...10
BAB
3 PENUTUP…………………………………………..……..13
3.1 Kesimpulan……………………………………...……..13
3.2 Saran……………………………………………..…….13
DAFTAR
PUSTAKA……………………………………………...14
BAB I PENDAHULUAN
1.1 1.1 Latar
Belakang
Internet
untuk kantor
Kebutuhan akan akses
internet untuk kantor sudah menjadi kebutuhan primer. Dahulu faktor internet
tidak menjadi sebuah faktor yang cukup dominan, sehingga pekerjaan tetap dapat
diselenggarakan meskipun jaringan internet terputus. Pemakaian internet pada
masa lalu lebih sering pada hal-hal yang sifatnya sekunder, seperti mencari
informasi. Namun di era sekarang, internet sudah digunakan untuk berbagai
keperluan perkantoran. Bahkan banyak pekerjaan-pekerjaan yang terkait dengan
klien juga dilakukan dengan memanfaatkan internet.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud
dengan data dan informasi?2.
Bagaimana berkomentar dalam sosmed dengan baik?3.
Apa yang dimaksud dengan Internet?4.
Apa saja manfaat menggunakan Internet dalam perkantoran?5.
Bagaimana cara mengirim E-mail?6.Apa
saja penyimpanan data dalam Internet?7.Apa
saja fasilitas fasilitas dalam Internet?
1.3 Tujuan Penelitian
1.
Menjelaskan Internet dalam perkantoran2.
Menjelaskan pengertian data dan informasi3. Menjelaskan fasilitas dalam Internet dan penyimpanan data
dalam Internet
5. menjelaskan cara mengirim e-mail
6. Menyebutkan manfaat menggunakan Internet dalam perknatoran
5. menjelaskan cara mengirim e-mail
6. Menyebutkan manfaat menggunakan Internet dalam perknatoran
4. Menjelaskan apa itu Internet
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Data dan Informasi
Data adalah fakta mentah atau rincian
peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal
pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih
dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data dapat berupa
angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan
untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data apabila
informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi
selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di
dalam memori menurut format tertentu.
Informasi adalah hasil pengolahan data yang
sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan
untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil
analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi
komputerisasi
Jadi, Data dan Informasi adalah sebuah bentuk
tulisan dalam sebuah file yang sudah diolah dan sudah dapat diterima oleh
penerima. Data dapat berupa angka, karakter, symbol, gambar, suara, atau tanda
tanda yang dapat digunakan untk dijadikan Informasi. Biasanya sumber yang
didapatkan dalam sebuah Informasi berasal dari Internet. Oleh karna itu
Internet dapat menunjang pekerjaan kantor agar lebih mudah dikerjakan, karena
dalam pekerjaan kantor memerlukan Data yang nanti nya diolah menjadi Informasi
yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang berupa hasil
gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan,dan juga pengolahan sistem Informasi
komputerisasi.
2.2
Pengenalan Dasar Internet
Internet
Berinternet
saat ini adalah bagian dari kehidupan, bukan hanya sebagai sarana komunikasi.
Beberapa fakta mengenai internet antara lain :
Internet
sering dikenal dengan dunia maya tentunya sekarang pendapat itu sudah tidak
berlaku karena internet adalah dunia yang benar-benar ada dan nyata bukan
sekedar hayalan belaka
Dahulu
buku harian/diary itu disimpan baik-baik oleh pemiliknya agar tidak dibaca dan
dilihat orang. Tapi sekarang buku harian sudah banyak di pajang di Blog-blog
yang disediakan secara gratid oleh internet
Sebagai
alat komunikasi, internet telah banyak membunuh kebiasaan masa lalu. Orang
sudah lupa bagamana berkirim surat dengan prangko, karena E-mail
lebih mudah dan lebih cepat. Internet benar-benar telah mengubah banyak hal.
Apa itu Internet?
Internet
adalah singkatan dari International Netwok yang artinya adalah jaringan
internasional. Secara sederhana internet berarti kumpulan dari jutaan komputer
diseluruh dunia yang bisa terkoneksi antara satu dengan yang lainnya. Media
yang digunakan bisa melalui sambungan telepon, kabel dan satelit atau wireles (
jaringan tanpa kabel ).
Fasilitas Internet
Fasilitas-fasilitas
yang ada pada internet antara lain :
1.
Browsing/Surfing adalah Sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk
menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Program yang
digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera,
Netscape Navigator.
2.
EMAIL
(Electronic Mail) adalah Sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik.
Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat
mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut.
3.
INTER
RELAY CHAT (Chatting) adalah Fasilitas yang diguna kan untuk melakukan
perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering
disebut dengan chatting.
Istilah-istilah dalam
Internet
Beberapa
istilah yang sering dijumpai dalam internet sebagai berikut :
1. WWW
www
atau lebih sering disebut world wide web artinya adalah jaringan informasi
dunia. www merupakan aplikasi internet yang paling sering digunakan saat ini.
2. Web
Site
Situs
web adalah sebutan bagi sekelompok halaman web. Tidak semua situs web Situs web
dapat di akses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran untuk
dapat menjadi pelanggan. Misalnya situs-situs yang menampilakan berita dan juga
layanan surat elektronik E-mail.
3. Web
Pages
Halaman web adalah Sekelompok data yang tampil di world
wide web, informasi ini dapat dimunculkan dengan menyebutkan alamatnya. Halaman
web ini dibuat dalam suatu format standar HTML (Hyper Text mark-up Language)
dimana dokumen HTML tersebut disimpan dalam suatu server. Sedangkan untuk
menampilkan halaman tersebut digunakan web browser.
4. Home
Page
Sering
disebut sebagai halaman induk atau sampul halaman atau halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya
adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser. halaman ini ditayangan
di Internet melalui media World Wide Web. Biasa digunakan orang untuk
mempromosikan informasi, jasa, produk-produknya.
5. Browser
Browser
dalam bahasa indonesia sering disebut penjelajah, merupakan aplikasi atau
perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi WWW (World Wide Web).
Manfaat dan Kegunaan
Internet
1. Fungsi
komunikasi
2. Resource
Sharing
3. Searching
4. Media
Promosi
5. Media
Transaksi Jual Beli
WEB BROWSER
Web
Browser atau dikenal juga dengan istilah Browser, atau peselancar. Adalah suatu
program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatau
komputer. Contoh web browser antara lain
Browser Opera
SEARCH ENGINE
Dikenal
dengan mesin pencari adalah suatu fasilitas internet yang digunakan untuk
melakukan pencarian produk, jasa, dan informasi dalam sebuah website. Jadi
dengan mesin pencari kita dapat menemukan bermacam-macam produk sesuai dengan
keinginan kita. Contoh Search Engine
Berikut ini adalah
beberapa Keuntungan / Fungsi / Manfaat Internet
Bagi Dunia Kerja (Dunia Bisnis)
:
1. Memudahkan Telekomunikasi Dengan Biaya Yang Lebih Murah
2. Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi
3. Bisa Menjual Barang Secara Online
4. Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat
5. Mudah Menyebarkan Pemberitahuan Ke Banyak Pegawai
2. Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi
3. Bisa Menjual Barang Secara Online
4. Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat
5. Mudah Menyebarkan Pemberitahuan Ke Banyak Pegawai
6. Bisa Mencari Pegawai / Karyawan Baru Lewat Internet
7. Mudah Berhubungan Dagang Dengan Banyak Klien Di Luar Negeri
8. Memudahkan Manajemen Untuk Membaca Informasi Dari Satu Sumber
9. Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen Akhir Beserta Agen / Distributor
10. Karyawan Memiliki Fasilitas Hiburan Tambahan Saat Senggang
7. Mudah Berhubungan Dagang Dengan Banyak Klien Di Luar Negeri
8. Memudahkan Manajemen Untuk Membaca Informasi Dari Satu Sumber
9. Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen Akhir Beserta Agen / Distributor
10. Karyawan Memiliki Fasilitas Hiburan Tambahan Saat Senggang
2.3 Etika dan Tata
krama Netizen
Etika Dalam Menggunakan Media Sosial
Dalam
menggunakan jejaring sosial, kita diberi kebebasan berbagi informasi atau
berkomunikasi dengan siapa saja. Kebebasan ini bukan berarti tidak ada etika
yang membatasi mana yang boleh atau mana yang tidak boleh. Ada baiknya kita
mengenal bagaimana etika yang harus diperhatikan dalam menggunakan jejaring
sosial. Hal ini dilakukan agar membuat pengguna merasa nyaman dan mengurangi
tindak kejahatan.
Berikut ini adalah beberapa hal penting etika
dalam menggunakan jejaring sosial.
1. Etika
Dalam Berkomunikasi
Dalam melakukan komunikasi antar sesama pada
situs jejaring sosial, biasanya kita melupakan etika dalam berkomunikasi.
Sangat banyak kita temukan kata-kata kasar yang muncul dalam percakapan antar
sesama di jejaring sosial, baik itu secara sengaja ataupun tidak sengaja.
Sebaiknya dalam melakukan komunikasi kita menggunakan kata-kata yang layak dan
sopan pada akun-akun jejaring sosial yang kita miliki. Pergunakan bahasa yang
tepat dengan siapa kita berinteraksi.
2. Hindari
Penyebaran SARA dan Pornografi
Ada baiknya anda tidak menyebarkan informasi
yang berhubungan dengan SARA (Suku, Agama dan Ras) dan pornografi di jejaring
sosial. Sebarkanlah hal-hal yang berguna yang tidak menyebabkan konflik antar
sesama pada situs jejaring tersebut.
3. Kroscek
Kebenaran Berita
Berita yang menjelekkan orang lain sangat
sering kita jumpai di jejaring sosial. Hal tersebut kadang bertujuan untuk
menjatuhkan nama pesaing dengan berita-berita yang direkayasa. Oleh karena itu
pengguna jejaring sosial dituntut untuk cerdas dalam menangkap sebuah
informasi, bila ingin ikut menyebarkan informasi tersebut, ada baiknya kita
melakukan kroscek akan kebenaran informasi terlebih dahulu.
4. Menghargai
Hasil Karya Orang Lain
Saat menyebarkan informasi baik itu berupa
tulisan, foto atau video milik orang lain, ada baiknya kita mencantumkan sumber
informasi sebagai bentuk penghargaan untuk hasil karya seseorang. tidak serta
merta mengcopy paste tanpa memberikan sumber informasi tersebut.
5. Jangan
Terlalu Mengumbar Informasi Pribadi Anda
Dalam menggunakan jejaring sosial ada baiknya
kita sebagai pengguna harus bijak dalam menginformasikan privasi / kehidupan
pribadi. Jangan terlalu mengumbar hal-hal pribadi di jejaring sosial, apalagi
sesuatu yang sensitif dan sangat pribadi. Semisal mengenenai keuangan, hubungan
percintaan, tentang kehidupan keluarga, tentang kejengkelan dengan seseorang,
nomor telepon alamat rumah atau keberadaan anda. Hal ini dapat mengganggu
kontak lain dalam daftar anda dan bisa menjadi informasi bagi mereka yang ingin
berniat jahat kepada kita
2.4 Cara Berkomentar yang
baik dan yang benar
1. Memberikan Pertanyaan
Tak ada ruginya jika anda meluangkan waktu
sejenak walau hanya 30 detik untuk membaca sebagian isi artikel situs yang
tengah anda kunjungi. Jika memang ada kalimat atau materi yang dibahas dan
dijelaskan terasa membingungkan menurut anda, ini lumayan sebagai ladang
komentar dengan mengajukan sebuah pertanyaan yang jelas maksudnya.
Mengajukan pertanyaan seperti ini akan sangat
lebih bagus ketimbang anda hanya memberikan komentar secara ala kadarnya atau
bahkan memberikan link untuk berpromosi situs.
2. Memberikan Tambahan/Masukan Jika ada yang
Kurang
Memberikan tambahan di sini bermaksud
memberikan tambahan kalimat yang sekiranya belum ada di postingan yang akan
dikomentari. Memberikan tambahan tentu akan sangat membantu Pemilik Situs bahwa
di dalam artikel miliknya masih ada tekanan atau kalimat yang perlu diperbaiki
atau ditambahkan.
3. Berkomentar dengan Sopan
Berkomentar dengan sopan itu sama halnya
dengan tidak mengandung perkataan negatif, menyinggung, sara, atau bahkan
porno. Komentar ini haruslah tidak menyinggung perkataan orang atau bahkan
amarah Pemilik Situs akan menggebu-gebu.Berkomentar baik-baik dengan santun
sangatlah diharapkan. Karena dalam penelitian saat ini, sudah semakin jarang
orang yang berkomentar dengan sopan bahkan memberikan cacian yang dapat
mengundang amarah.
Komentar yang buruk perlu ditinggalkan karena
dengan komentar seperti itu dapat menjadikan sebuah permusuhan.
Dengan berkomentar secara bijak, anda juga
bisa memperoleh backlink, dapat membangun tali silaturahmi dan mempererat hubungan baik antar
teman atau bahkan mendapatkan teman baru.
2.5 Pengiriman dan Penyimpanan Dokumen Online
Pengiriman dokumen secara Online yang lebih
sering dipakai yaitu E-mail. E-mail adalah Surat elektonik sebagai sarana menerima
dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan
format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah
mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. Layanan
e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis, yaitu email berbasis client dan email
berbasis web. Untuk para pengguna email berbasis client, aktifitas email
dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, contohnya Eudora
atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi
penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet).
Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima
(recieve) email dari mailbox.
Jenis-jenis Email antara lain
:
1. POP mail (Post Office Protocol)
1. POP mail (Post Office Protocol)
Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
2. Webmail.
Pengertian Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut
3. Email forwarding.
Pengertian Email
forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan
e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini
bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.
Cara Mengirim E-mail
1.
Pada komputer, buka Gmail.
2.
Di kiri atas, klik Tulis.
3.
Di bidang "Kepada", tambahkan penerima. Jika
diinginkan, Anda juga dapat menambahkan penerima dalam bidang "cc"
dan "bcc".
4.
Tambahkan subjek.
5.
Tulis pesan Anda.
6.
Di bagian bawah halaman, klik Kirim
Penyimpanan document
secara Online yang sering digunakan yaitu Google Drive. Google Drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google
dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun
berbayar tergantung pada jumlah kapasitas memori penyimpanan itu sendiri.
Kapasitas yang tersedia dalam google drive yang bisa diakses secara gratis
adalah 5 GB dan bisa ditambah jika menggunakan layanan yang berbayar. Tidak
hanya dapat menyimpan file, google drive juga terhubung dengan fitur google
lainnya seperti gmail, google search dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan
lebih memudahkan user atau pengguna untuk mengakses file dan data yang
dimiliki.
Fungsi utama dari google drive yang paling
menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa
mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung
pada koneksi
internet.
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari penjelasan diatas maka kami dapat
menyimpulkan bahwa sesuai dengan judul makalah kami “Menganalisis Informasi dari
Internet untuk menunjang pekerjaan kantor.Menggunakan Informasi dari Internet
untuk menunjang pekerjaan kantor.” Kami menyimpulkan bahwa
pekerjaan kantor dapat dikerjakan dengan mudah apabila menggunakan Internet
dikarenakan Internet merupakan sumber Informasi yang bisa kita dapatkan. Selain
itu juga Internet merupakan sumber data terpercaya yang nanti nya dari data
tersebut akan diolah menjadi sebuah Informasi yang diperlukan dalam pekerjaan
kantor.
3.2 Saran
Dalam mengerjakan
pekerjaan kantor lebih baik diteliti terlebih dahulu pada saat mencari
Informasi atau data yang di perlukan di Internet. Karena dalam Internet
terdapat situs situs tidak jelas.terkadang dalam sebuah web terdapat judul yang
sama tetapi isinya tidak nyambung atau tidak jelas yang nanti nya tidak bisa
menjadi sebuah Informasi yang jelas hanya karena dari sumber sumber yang tidak
terpercaya di Internet.
Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan
menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan
dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan
lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami
juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan
makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami
ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.indoza.com
Terima Kasih telah melihat Blog saya Semoga apa yang saya tulis Bermanfaat untuk kalian semua yang membaca Blog saya. Apa bila ada kata kata yang tidak pantas untuk di tulis di Blog atau di perlihatkan saya mengucapkan minta maaf yang sebesar besar nya. TERIMA KASIH GUYS...
TUNGGU BLOG BERIKUTNYA YAA...
SEE YOU :)

Komentar
Posting Komentar