Contoh MAKALAH Menganalisis & Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan Kantor.

Helloooo Guys...........
Come Back With Me si Goyang Morrena wkwk :)

Pada Blog kali ini saya akan membagikan sebuah contoh MAKALAH dengan judul

"Menganalisis & Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan Kantor."
BTW kalian apaa kabar nihhh? Semoga kalian baik baik saja ya. Pada penasaran gak sihhhh?... Penasaran lah yaaa wkwk dari pada banyak basa basi mari dilihat Contoh MAKALAH yang sudah saya buat dengan judul Menganalisis & Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan Kantor. Cuss mari dilihatt ...... :)



MAKALAH
Menganalisis & Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan
Kantor.





Disusun Oleh :
1.    Zesykha Los Morrena
2.    Sebrenica Bosni Herzegoviani
3.    Elvina Oktaviani
4.    Siti Nur Jannah
5.    Fira Yunita
6.    Putri Nur Azizah

 SMK 01 CORPATARIN UTAMA
JAKARTA TIMUR




KATA PENGANTAR

Segala puja hanya bagi Allah yang Maha Pengasi lagi Maha Penyayang. Berkat limpahan karunia nikmatNya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Menganalisis Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan Kantor.Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan kantor.” dengan lancar. Penyusunan makalah ini dalam rangka memenuhi tugas Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran.
Dalam proses penyusunannya tak lepas dari bantuan, arahan dan masukan dari berbagai pihak. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih atas segala partisipasinya dalam menyelesaikan makalah ini.
Meski demikian, saya menyadari masih banyak sekali kekurangan dan kekeliruan di dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tanda baca, tata bahasa maupun isi. Sehingga saya  secara terbuka menerima segala kritik dan saran positif dari pembaca.
Demikian apa yang dapat saya sampaikan.




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR …….................................................…........ii
DAFTAR ISI ……………………………………………….…….iii

BAB 1 PENDAHULUAN…………………………………….......1
         1.1           Latar Belakang……………………………………1
         1.2           Rumusan Masalah………………………………...1
         1.3           Tujuan Penelitian………………………………….1

BAB 2 PEMBAHASAN……………………………………...….. 2
         2.1    Pengertian Data dan Informasi…………………….......2
         2.2    Pengenalan Dasar Internet………………………...…...3
         2.3    Etika dan Tata Krama Netizen………………...…….....7
         2.4    Cara berkomentar dengan baik dalam medsos ………...9
         2.5    Pengiriman & Penyimpanan dokumen Online………...10

BAB 3 PENUTUP…………………………………………..……..13
         3.1    Kesimpulan……………………………………...……..13
         3.2    Saran……………………………………………..…….13

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………...14



  BAB I PENDAHULUAN   

1.1       1.1 Latar Belakang

Internet untuk kantor
Kebutuhan akan akses internet untuk kantor sudah menjadi kebutuhan primer. Dahulu faktor internet tidak menjadi sebuah faktor yang cukup dominan, sehingga pekerjaan tetap dapat diselenggarakan meskipun jaringan internet terputus. Pemakaian internet pada masa lalu lebih sering pada hal-hal yang sifatnya sekunder, seperti mencari informasi. Namun di era sekarang, internet sudah digunakan untuk berbagai keperluan perkantoran. Bahkan banyak pekerjaan-pekerjaan yang terkait dengan klien juga dilakukan dengan memanfaatkan internet.

1.2   Rumusan Masalah  

1. Apa yang dimaksud dengan data dan informasi?2. Bagaimana berkomentar dalam sosmed dengan baik?3. Apa yang dimaksud dengan Internet?4. Apa saja manfaat menggunakan Internet dalam perkantoran?5. Bagaimana cara mengirim E-mail?6.Apa saja penyimpanan data dalam Internet?7.Apa saja fasilitas fasilitas dalam Internet?

1.3     Tujuan Penelitian 

1. Menjelaskan Internet dalam perkantoran2. Menjelaskan pengertian data dan informasi3. Menjelaskan fasilitas dalam Internet dan penyimpanan data dalam Internet
5. menjelaskan cara mengirim e-mail
6. Menyebutkan manfaat menggunakan Internet dalam perknatoran 
4. Menjelaskan apa itu Internet
BAB 2 PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Data dan Informasi
Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data dapat berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu.

Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi

Jadi, Data dan Informasi adalah sebuah bentuk tulisan dalam sebuah file yang sudah diolah dan sudah dapat diterima oleh penerima. Data dapat berupa angka, karakter, symbol, gambar, suara, atau tanda tanda yang dapat digunakan untk dijadikan Informasi. Biasanya sumber yang didapatkan dalam sebuah Informasi berasal dari Internet. Oleh karna itu Internet dapat menunjang pekerjaan kantor agar lebih mudah dikerjakan, karena dalam pekerjaan kantor memerlukan Data yang nanti nya diolah menjadi Informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan,dan juga pengolahan sistem Informasi komputerisasi.

2.2 Pengenalan Dasar Internet
Internet
Berinternet saat ini adalah bagian dari kehidupan, bukan hanya sebagai sarana komunikasi. Beberapa fakta mengenai internet antara lain :
 Internet sering dikenal dengan dunia maya tentunya sekarang pendapat itu sudah tidak berlaku karena internet adalah dunia yang benar-benar ada dan nyata bukan sekedar hayalan belaka
 Dahulu buku harian/diary itu disimpan baik-baik oleh pemiliknya agar tidak dibaca dan dilihat orang. Tapi sekarang buku harian sudah banyak di pajang di Blog-blog yang disediakan secara gratid oleh internet
 Sebagai alat komunikasi, internet telah banyak membunuh kebiasaan masa lalu. Orang sudah lupa bagamana berkirim surat dengan prangko, karena E-mail lebih mudah dan lebih cepat. Internet benar-benar telah mengubah banyak hal.
Apa itu Internet?
Internet adalah singkatan dari International Netwok yang artinya adalah jaringan internasional. Secara sederhana internet berarti kumpulan dari jutaan komputer diseluruh dunia yang bisa terkoneksi antara satu dengan yang lainnya. Media yang digunakan bisa melalui sambungan telepon, kabel dan satelit atau wireles ( jaringan tanpa kabel ).
Fasilitas Internet
Fasilitas-fasilitas yang ada pada internet antara lain :
1.     Browsing/Surfing adalah Sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
2.     EMAIL (Electronic Mail) adalah Sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut.
3.     INTER RELAY CHAT (Chatting) adalah Fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.


Istilah-istilah dalam Internet
Beberapa istilah yang sering dijumpai dalam internet sebagai berikut :
1. WWW
www atau lebih sering disebut world wide web artinya adalah jaringan informasi dunia. www merupakan aplikasi internet yang paling sering digunakan saat ini.
2. Web Site
Situs web adalah sebutan bagi sekelompok halaman web. Tidak semua situs web Situs web dapat di akses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran untuk dapat menjadi pelanggan. Misalnya situs-situs yang menampilakan berita dan juga layanan surat elektronik E-mail.
3. Web Pages
Halaman web adalah Sekelompok data yang tampil di world wide web, informasi ini dapat dimunculkan dengan menyebutkan alamatnya. Halaman web ini dibuat dalam suatu format standar HTML (Hyper Text mark-up Language) dimana dokumen HTML tersebut disimpan dalam suatu server. Sedangkan untuk menampilkan halaman tersebut digunakan web browser.
4. Home Page
Sering disebut sebagai halaman induk atau sampul halaman atau halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser. halaman ini ditayangan di Internet melalui media World Wide Web. Biasa digunakan orang untuk mempromosikan informasi, jasa, produk-produknya.
5. Browser
Browser dalam bahasa indonesia sering disebut penjelajah, merupakan aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi WWW (World Wide Web).
Manfaat dan Kegunaan Internet
1. Fungsi komunikasi
2. Resource Sharing
3. Searching
4. Media Promosi
5. Media Transaksi Jual Beli
WEB BROWSER
Web Browser atau dikenal juga dengan istilah Browser, atau peselancar. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatau komputer. Contoh web browser antara lain

Browser Opera


SEARCH ENGINE
Dikenal dengan mesin pencari adalah suatu fasilitas internet yang digunakan untuk melakukan pencarian produk, jasa, dan informasi dalam sebuah website. Jadi dengan mesin pencari kita dapat menemukan bermacam-macam produk sesuai dengan keinginan kita. Contoh Search Engine


Berikut ini adalah beberapa Keuntungan / Fungsi / Manfaat Internet 
Bagi Dunia Kerja (Dunia Bisnis) :

1. Memudahkan Telekomunikasi Dengan Biaya Yang Lebih Murah
2. Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi
3. Bisa Menjual Barang Secara Online
4. Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat
5. Mudah Menyebarkan Pemberitahuan Ke Banyak Pegawai
6. Bisa Mencari Pegawai / Karyawan Baru Lewat Internet
7. Mudah Berhubungan Dagang Dengan Banyak Klien Di Luar Negeri
8. Memudahkan Manajemen Untuk Membaca Informasi Dari Satu Sumber
9. Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen Akhir Beserta Agen / Distributor
10. Karyawan Memiliki Fasilitas Hiburan Tambahan Saat Senggang


2.3 Etika dan Tata krama Netizen

Etika Dalam Menggunakan Media Sosial

          Dalam menggunakan jejaring sosial, kita diberi kebebasan berbagi informasi atau berkomunikasi dengan siapa saja. Kebebasan ini bukan berarti tidak ada etika yang membatasi mana yang boleh atau mana yang tidak boleh. Ada baiknya kita mengenal bagaimana etika yang harus diperhatikan dalam menggunakan jejaring sosial. Hal ini dilakukan agar membuat pengguna merasa nyaman dan mengurangi tindak kejahatan.

Berikut ini adalah beberapa hal penting etika dalam menggunakan jejaring sosial.
1.     Etika Dalam Berkomunikasi
Dalam melakukan komunikasi antar sesama pada situs jejaring sosial, biasanya kita melupakan etika dalam berkomunikasi. Sangat banyak kita temukan kata-kata kasar yang muncul dalam percakapan antar sesama di jejaring sosial, baik itu secara sengaja ataupun tidak sengaja. Sebaiknya dalam melakukan komunikasi kita menggunakan kata-kata yang layak dan sopan pada akun-akun jejaring sosial yang kita miliki. Pergunakan bahasa yang tepat dengan siapa kita berinteraksi.
2.     Hindari Penyebaran SARA dan Pornografi
Ada baiknya anda tidak menyebarkan informasi yang berhubungan dengan SARA (Suku, Agama dan Ras) dan pornografi di jejaring sosial. Sebarkanlah hal-hal yang berguna yang tidak menyebabkan konflik antar sesama pada situs jejaring tersebut.
3.     Kroscek Kebenaran Berita
Berita yang menjelekkan orang lain sangat sering kita jumpai di jejaring sosial. Hal tersebut kadang bertujuan untuk menjatuhkan nama pesaing dengan berita-berita yang direkayasa. Oleh karena itu pengguna jejaring sosial dituntut untuk cerdas dalam menangkap sebuah informasi, bila ingin ikut menyebarkan informasi tersebut, ada baiknya kita melakukan kroscek akan kebenaran informasi terlebih dahulu.
4.     Menghargai Hasil Karya Orang Lain
Saat menyebarkan informasi baik itu berupa tulisan, foto atau video milik orang lain, ada baiknya kita mencantumkan sumber informasi sebagai bentuk penghargaan untuk hasil karya seseorang. tidak serta merta mengcopy paste tanpa memberikan sumber informasi tersebut.
5.     Jangan Terlalu Mengumbar Informasi Pribadi Anda
Dalam menggunakan jejaring sosial ada baiknya kita sebagai pengguna harus bijak dalam menginformasikan privasi / kehidupan pribadi. Jangan terlalu mengumbar hal-hal pribadi di jejaring sosial, apalagi sesuatu yang sensitif dan sangat pribadi. Semisal mengenenai keuangan, hubungan percintaan, tentang kehidupan keluarga, tentang kejengkelan dengan seseorang, nomor telepon alamat rumah atau keberadaan anda. Hal ini dapat mengganggu kontak lain dalam daftar anda dan bisa menjadi informasi bagi mereka yang ingin berniat jahat kepada kita


2.4 Cara Berkomentar yang baik dan yang benar

1. Memberikan Pertanyaan

Tak ada ruginya jika anda meluangkan waktu sejenak walau hanya 30 detik untuk membaca sebagian isi artikel situs yang tengah anda kunjungi. Jika memang ada kalimat atau materi yang dibahas dan dijelaskan terasa membingungkan menurut anda, ini lumayan sebagai ladang komentar dengan mengajukan sebuah pertanyaan yang jelas maksudnya.
Mengajukan pertanyaan seperti ini akan sangat lebih bagus ketimbang anda hanya memberikan komentar secara ala kadarnya atau bahkan memberikan link untuk berpromosi situs.

2. Memberikan Tambahan/Masukan Jika ada yang Kurang

Memberikan tambahan di sini bermaksud memberikan tambahan kalimat yang sekiranya belum ada di postingan yang akan dikomentari. Memberikan tambahan tentu akan sangat membantu Pemilik Situs bahwa di dalam artikel miliknya masih ada tekanan atau kalimat yang perlu diperbaiki atau ditambahkan.

3. Berkomentar dengan Sopan

Berkomentar dengan sopan itu sama halnya dengan tidak mengandung perkataan negatif, menyinggung, sara, atau bahkan porno. Komentar ini haruslah tidak menyinggung perkataan orang atau bahkan amarah Pemilik Situs akan menggebu-gebu.Berkomentar baik-baik dengan santun sangatlah diharapkan. Karena dalam penelitian saat ini, sudah semakin jarang orang yang berkomentar dengan sopan bahkan memberikan cacian yang dapat mengundang amarah.
Komentar yang buruk perlu ditinggalkan karena dengan komentar seperti itu dapat menjadikan sebuah permusuhan.
Dengan berkomentar secara bijak, anda juga bisa memperoleh backlink, dapat membangun tali silaturahmi dan mempererat hubungan baik antar teman atau bahkan mendapatkan teman baru.



2.5 Pengiriman dan Penyimpanan Dokumen Online

Pengiriman dokumen secara Online yang lebih sering dipakai yaitu E-mail. E-mail adalah Surat elektonik sebagai sarana menerima dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. Layanan e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Untuk para pengguna email berbasis client, aktifitas email dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, contohnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet). Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox.

Jenis-jenis Email antara lain :

1. POP mail (Post Office Protocol)


Pengertian POP mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).

2. Webmail.

Pengertian Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan email yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim email, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan email dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses email kecuali dengan cara tersebut

3. Email forwarding.
Pengertian Email forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail.

Cara Mengirim E-mail
1.     Pada komputer, buka Gmail.
2.     Di kiri atas, klik Tulis.
3.     Di bidang "Kepada", tambahkan penerima. Jika diinginkan, Anda juga dapat menambahkan penerima dalam bidang "cc" dan "bcc".
4.     Tambahkan subjek.
5.     Tulis pesan Anda.
6.     Di bagian bawah halaman, klik Kirim

Penyimpanan document secara Online yang sering digunakan yaitu Google Drive. Google Drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar tergantung pada jumlah kapasitas memori penyimpanan itu sendiri. Kapasitas yang tersedia dalam google drive yang bisa diakses secara gratis adalah 5 GB dan bisa ditambah jika menggunakan layanan yang berbayar. Tidak hanya dapat menyimpan file, google drive juga terhubung dengan fitur google lainnya seperti gmail, google search dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan lebih memudahkan user atau pengguna untuk mengakses file dan data yang dimiliki.
Fungsi utama dari google drive yang paling menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari penjelasan diatas maka kami dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan judul makalah kami “Menganalisis Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan kantor.Menggunakan Informasi dari Internet untuk menunjang pekerjaan kantor.” Kami menyimpulkan bahwa pekerjaan kantor dapat dikerjakan dengan mudah apabila menggunakan Internet dikarenakan Internet merupakan sumber Informasi yang bisa kita dapatkan. Selain itu juga Internet merupakan sumber data terpercaya yang nanti nya dari data tersebut akan diolah menjadi sebuah Informasi yang diperlukan dalam pekerjaan kantor.

3.2  Saran
Dalam mengerjakan pekerjaan kantor lebih baik diteliti terlebih dahulu pada saat mencari Informasi atau data yang di perlukan di Internet. Karena dalam Internet terdapat situs situs tidak jelas.terkadang dalam sebuah web terdapat judul yang sama tetapi isinya tidak nyambung atau tidak jelas yang nanti nya tidak bisa menjadi sebuah Informasi yang jelas hanya karena dari sumber sumber yang tidak terpercaya di Internet.

Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.


 DAFTAR PUSTAKA

http://www.indoza.com  


Terima Kasih telah melihat Blog saya Semoga apa yang saya tulis Bermanfaat untuk kalian semua yang membaca Blog saya. Apa bila ada kata kata yang tidak pantas untuk di tulis di Blog atau di perlihatkan saya mengucapkan minta maaf yang sebesar besar nya. TERIMA KASIH GUYS...
TUNGGU BLOG BERIKUTNYA YAA...
SEE YOU :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MACAM - MACAM BENTUK MEJA RAPAT

CONTOH SURAT RAPAT UNDANGAN DAN RESRVASI HOTEL